Mom, kini dunia digital perlu dipelajari oleh orang tua sehingga dapat turut mengontrol dampaknya bagi anak-anak. Sosial media sebenarnya memiliki banyak keuntungan. Misalnya, dapat mendekatkan anak dengan sanak keluarga, mendukung proyek sekolah, dan sosialisasi dengan grup olah raga di sekolah.

Media sosial juga membantu anak yang susah untuk beradaptasi dengan lingkungannya sehingga dapat mengembangkan identitasnya dan memiliki kemampuan unik untuk bersosialisasi.

Berikut beberapa tips agar anak aman saat beraktivitas di sosial media:

  • Mom, buatlah akun dalam sosial media tersebut. Mom harus mengetahui bagaimana caranya membuat profil baru, bertemanlah dengan anak, dan jadilah bagian dari kehidupan online anak. Mungkin anak akan malu dan tidak mau Mom berkomentar di dunia online, itu lumrah dan biarkanlah. Yang terpenting Mom tetap memiliki akses untuk mengawasi anak.
  • Jadilah model. Jika Mom secara konstan memiliki telepon genggam atau komputer dan sering dilihat menggunakan sosial media, maka anak akan tertarik untuk memilikinya juga.
  • Kontrol waktu anak. Katakan pada anak bahwa saat makan malam merupakan saat bebas telepon genggam dan segala alat jejaring sosial.
  • Coba ajak anak bicara mengenai situs-situs apa yang dikunjungi mereka saat online.
  • Komputer sebaiknya tidak diletakkan di dalam ruang keluarga atau dapur.

Yuk Mom bersemangat dalam memantau anak-anak :)