Mom, sangat penting menjaga kebersihan tangan untuk menghindari penyakit dan penyebaran kuman ke orang lain. Yuk bimbing anak-anak agar rutin mencuci tangan.

Banyak penyakit yang disebarkan oleh mereka yang tidak mencuci tangan dengan sabun, air bersih, dan air mengalir. Angka tingkat kematian yang dirilis UNICEF pada Oktober 2012, di Indonesia, penyakit diare bertanggung jawab untuk sekitar seperempat dari 130.000 kematian tahunan di antara anak balita.

Jika air bersih tidak dapat diakses, seperti umum di banyak bagian dunia, menggunakan sabun dan air tersedia. Jika sabun dan air tidak tersedia, gunakan pembersih tangan berbasis alkohol yang mengandung setidaknya 60% alkohol untuk membersihkan tangan.

WHO menyampaikan kebanyakan infeksi terkait perawatan kesehatan dapat dicegah melalui kebersihan tangan yang baik, membersihkan tangan pada saat yang tepat dan dengan cara yang tepat.

Berikut tahapan yang tepat dalam mencuci tangan, Mom:

Pertama,
basahi tangan dengan bersih, air yang mengalir (hangat atau dingin) dan menerapkan sabun.

Kedua,
gosok tangan bersama-sama untuk membuat busa dan menggosoknya dengan baik, pastikan untuk menggosok punggung tangan, sela-sela jari, dan di bawah kuku.

Ketiga,
lanjutkan menggosok tangan selama minimal 40 detik. Bisa menyenandungkan lagu “Happy Birthday” dari awal sampai akhir sebanyak dua kali.

Keempat,
bilas tangan di bawah air mengalir.

Kelima,
keringkan tangan menggunakan handuk bersih atau udara kering.

Selamat membimbing kesehatan keluarga, Mom :)

 

Sumber: world health organization